Kamis, 02 Desember 2010

WATAK ( Wahana Aksara & Tahsinul Khot Kaligrafi)


Setiap manusia, dalam menjalankan berbagai aktifitas memerlukan rasa aman dan nyaman, baik dalam proses beraktivitas maupun dari sarana yang digunakan. Rasa aman dan nyaman tersebut mutlak harus diupayakan atau diciptakan karena dapat menunjang kelancaran aktifitas yang dijalankan.
Lebih khusus lagi, kaum muslimin memandang bahwa sarana mesjid bukan saja merupakan tempat suci untuk beribadah, tetapi juga dapat difungsikan sebagai tempat pengembangan ilmu pengetahuan, tempat berkumpul dan musyawarah dalam memperbincangkan dan memecahkan berbagai persoalan umat.Sebagaimana Rasulullah menjadikan mesjid sebagai pusat segala kegiatan kaum muslimin pada masanya.
Maka dari itu bagi kaum muslimin, rasa aman dan nyaman itulah dijadikan salah satu alasan mengapa sebagian besar masjid-masjid dihiasi dengan ornamen  kaligrafi nan elok dan menakjubkan, hal itu bukan hanya sebagai hiasan, lebih dari itu merupakan pengejawantahan visual atas pesan Ilahi yang mencintai keindahan. Ekspresi estetik melalui kaligrafi pun diakui sebagai suatu ibadah karena fungsinya sebagai salah satu upaya kearah transendensi Ilahi dan dakwah Islamiyah. Dengan demikian, nuansa yang menyejukan dan memberikan kenyamanan sangat diperlukan oleh masjid sebagai ‘pusat kegiatan’ atau tempat lain yang dijadikan sarana beraktifitas.         
Disini, desain yang bagus dan dekorasi tertentu dari sebuah ruangan akan memberikan kenyamanan bagi para setiap orang yang memasukinya. Meski bukan satu-satunyan pilihan, ornamen dan kaligrafi merupakan pilihan terbaik, apabila dipadu-padankan secara teratur dan barsesuaian akan menciptakan atmosfir tersendiri bagi ruangan dan bagi setiap orang yang menikmatinya, sehingga kenyamanan dan ketrentraman jiwapun akan tergapai serta diharapkan dapat menstimulasi kelancaran beraktifitas. Dan jika dalam sebuah mesjid telah ditemukan rasa nyaman, maka diharapkan orang akan berduyun-duyun mendatanginya serta betah berlama-lama di dalamnya. Itulah salah satu maksud “memakmurkan masjid .

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar